Gambar : Hirarki Strategi [Mc.Namara 2010].
Definisi strategik juga di kemukakan oleh Johnson dan Scholes (1993) yaitu “….the direction and scope of an organisationover the long term:
ideally, wich matches with resources to its changing environtment, and in
particular its markets, customer or clients so as to meet stakeholder
expectations”.
Terdiri dari tiga yaitu
strategi korporasi, bisnis, dan fungsional. Strategi
korporasi menggambarkan arah perusahaan secara keseluruhan mengenai sikap
perusahaan secara umum terhadap arah pertumbuhan dan manejemen berbagai bisnis
dan lini produk untuk mencapai keseimbangan portofolio produk dan jasa. Strategi
bisnis, sering juga disebut strategi bersaing, biasanya dikembangkan pada level
divisi, dan menekankan pada perbaikan posisi persaingan produk barang atau jasa
perusahaan dalam industri khusus atau segmen pasar yang dilayani divisi
tersebut. Stretegi fungsional, menekankan terutama pada pemaksimalan sumber
produktivitas.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar