Scorecard (kartu skor) adalah kartu yang
digunakan untuk mencatat skor kinerja (performance) seseorang. Kartu skor juga dapat digunakan
untuk merencanakan skor yang hendak diwujudkan oleh seseorang di masa depan.
Kata balanced (berimbang) berarti adanya keseimbangan antara kinerja keuangan dan non-keuangan,
antara kinerja jangka pendek
dan kinerja jangka panjang, dan antara kinerja
yang bersifat internal dan kinerja
yang bersifat eksternal.
Gambar : Kerangka Kerja Balanced Scorecard [Ward,
2002]
Scorecard pertama kali
dipublikasikan oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton pada tahun 1992 dalam
sebuah artikel yang berjudul, “Balanced
Scorecard – Measures That Drive Performance”.
Perusahaan yang
inovatif dan berpikir ke masa depan banyak menggunakan metode scorecard sebagai sistem manajemen
strategik mereka. Dalam kerangka kerja Balanced
Scorecard, visi dan strategi perusahaan menghasilkan empat perspektif pengukuran dan keterkaitan antar
perseptif tersebut seperti diperlihatkan pada gambar berikut:
Gambar : Perseptif Balance ScoreCard
Perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar