Sabtu, 17 Desember 2011

Metode dan Teori Analisis Balanced Scorecard


Scorecard (kartu skor) adalah kartu yang digunakan untuk mencatat skor kinerja (performance) seseorang. Kartu skor juga dapat digunakan untuk merencanakan skor yang hendak diwujudkan oleh seseorang di masa depan. Kata balanced (berimbang) berarti adanya keseimbangan antara kinerja keuangan dan non-keuangan, antara kinerja jangka pendek dan kinerja jangka panjang, dan antara kinerja yang bersifat internal dan kinerja yang bersifat eksternal.
Gambar : Kerangka Kerja Balanced Scorecard [Ward, 2002]

Scorecard pertama kali dipublikasikan oleh Robert S. Kaplan dan David P. Norton pada tahun 1992 dalam sebuah artikel yang berjudul, “Balanced Scorecard – Measures That Drive Performance”.
Perusahaan yang inovatif dan berpikir ke masa depan banyak menggunakan metode scorecard sebagai sistem manajemen strategik mereka. Dalam kerangka kerja Balanced Scorecard, visi dan strategi perusahaan menghasilkan empat  perspektif pengukuran dan keterkaitan antar perseptif tersebut seperti diperlihatkan pada gambar berikut:
 Gambar  : Perseptif Balance ScoreCard Perusahaan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar